HACKER DAN CRACKER ?>

HACKER DAN CRACKER

Pengertian Hacker adalah sekumpulan atau beberapa kelompok orang yang bertujuan mengembangkan ilmu pengetahuan dan berbagi informasi secara bebas tanpa batas. Hacker adalah seseorang yang tertarik untuk mengetahui secara mendalam mengenai kerja suatu sistem komputer atau jaringan komputer. Mereka terdiri dari para ahli programer yang ahli jaringan komputer dan mereka jugalah yang berjasa membangun Internet lewat pengembangan sistem operasi UNIX.

Istilah Hacker sendiri lahir sekitar tahun 1959 dari MIT sebuah Universitas di Amerika yang terdiri dari orang-orang cerdas. mereka bekerjasama secara sukarela menyelesaikan masalah dan membangun sesuatu serta mereka selalu berbagi informasi memberi jawaban serta berlomba-lomba untuk berbuat yang terbaikuntuk lingkunganya. Mereka tidak pernah berhenti belajar untuk menjadi ahli dan sangat anti untuk melakukan sesuatu berulang-ulang dan membosankan pada kata-kata bijak :

“Untuk mengikuti jalan – pandanglah sang ahli – ikuti sang ahli – berjalan bersama sang ahli – kenali sang ahli – jadilah sang ahli.”  — Manifesto para Hacker —

Cracker adalah sekumpulan atau beberapa kelompok orang yang sibuk memuaskan diri mereka dengan aktivitas membobol komputer, menebar virus hingga mengakali jaringan. Mereka adalah orang yang tidak bertanggung jawab karena apa yang mereka lakukan adalah bersifat jahat dan merusak. Kembali ke diri kita sendiri, ingin menjadi seorang Hacker atau seorang Cracker?

Ada banyak cara, metode dan teknik yang dapat dilakukan untuk mendapatkan informasi yang dilakukan oleh seorang Hacker/Cracker diantaranya sebagai berikut :

  1.  Serangan terhadap Sistem Operasi
  2.  Serangan terhadap Sisi Aplikasi
  3.  Serangan terhadap Konfigurasi yang Buruk

Serangan yang dilakukan merupakan serangan untuk mengambil alih sistem. Sistem keamanan pada dasarnya terdiri dari empat elemen dasar, yaitu :

  1. Confidentiality (kerahasiaan)
  2. Authenticity (keaslian)
  3. Integrity (integritas)
  4. Availability (ketersediaan)

Perlu diperhatikan, aktivitas yang dilakukan untuk mendapatkan informasi mempunyai kode etik dalam hal ini dinamakan Ethical Hacker yakni kegiatan hacking yang dilakukan dengan mengikuti metodologi yang telah disepakati secara internasional oleh apra ahli Ethical Hacker. Adapun teknik Ethical Hacking yang dilakukan untuk dapat mengambil alih akses ke sistem target adalah sebagai berikut :

  1. Reconnaissance
  2. Scanning &Enumeration
  3. Gaining Access
  4. Maintaining Access
  5. Covering Tracks

 

Sumber  : Capture The Flag & hacking Kioptrix Server

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *